Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Kamis, 10 Mei 2012

NRelate Alternatif pengganti Linkwithin untuk related link blog kita


NRelate

Kalau bicara Related Link, Siapa yang tak kenal LinkWithin. Penyedia layanan Related link yang sangat populer di mata para blogger khususnya yang memakai platform blogspot untuk menampilkan konten internal yang berhubungan dengan halaman posting-nya. Tentu saja tujuan memasang widget ini adalah untuk semata-mata membuat tampilan blog menjadi lebih menarik dengan demikian potensi menambah pageview akan semakinbesar pada blog kita. Tapi kini ada layanan sejenis yang bisa dibandingkan dengan LinkWithin  bahkan mungkin bisa menjadi alternatif pengganti LinkWithin. Layanan itu tak lain adalah NRelate (http://www.nrelate.com). Apa itu NRelate? NRelate adalah penyedia layanan 'related link' yang biasa digunakan para blogger untuk menyisipkan link yang terhubung untuk setiap halaman posting di dalam blog-nya. Seperti penyedia layanan related link yang lainnya, NRelate juga menggunakan Feed dari blog kita untuk menampilkan datanya, yang kemudian di-cache ke dalam database NRelate sendiri. Sebelum akhirnya bisa ditampilkan di blog kita melalui kode javascript atau lainnya.

Disini perlu dicatat, bahwwa NRelate mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan penyedia layanan Related link lainnya. Salah satunya adalah NRelate bisa menampilkan sampai 10 konten atau 10 link posting. Dengan demikian kita bisa lebih leluasa menentukan jumlahnya sesuai selera dan sesuai kapasitas ruang di blog kita. Selain itu Nrelate menyediakan opsi/pilihan untuk menampilkan link dalam bentuk gambar dan link text biasa. Kemudian NRelate juga memiliki pilihan ukuran gambar thumbnail antara 80 pixel sampai 150 pixel. Serta memiliki variasi dalam hal tampilan konten. Ada beberapa pilihan tampilan yaitu sebagai berikut:

Default
Default
Toonbarn
Toonbarn
Linkwithin
LinkWithin
Polaroid
Polaroid
Trendland
Trendland
Blognity
Blognity


  1. Default (tampilan standar )
    Tampilan gambar thumbnail postingan di atas dan tulisan dibawah. Dengan gambar yang memiliki border tanpa pembatas antar link.
  2. Trendland
    Tampilan gambar thumbnail postingan, kemudaian judul posting menempel didepannya
  3. Bloginity
    Mirip dengan tampilan Default, hanya saja tanpa ada border atau pembats apapun.
  4. LinkWithin
    Tampilan ini sangat mirip dengan LinkWithin aslinya yaitu dengan ciri khas ada garis pembatas diantara link nya.
  5. Toonbarn
    Tampilannya sangat mirip seperti saat kita membuka album foto di facebook
  6. Polaroid
    Ini yang paling unik dan sudah tersedia. Tampilan seperti foto 3D yang ditaruh secara acak.dan akan bergerak saat disentuh kursor.
Masih banyak tampilan lain yang nantinya akan tersedia. Tapi untuk sementara hanya ke-6 jenis ini saja. Selain itu, NRelate juga menyediakan pilihan untuk mengubah kata - kata judul widget. Yang biasanya bertuliskan "You might also like-", kini bisa diganti sesuka kita. Ada pula pilihan untuk menampilkan "link partner" atau blogroll. Dengan fitur ini kita dapat menampilkan feed dari sumber lain seperti blog teman atau blog kita yang lainnya. Untuk yang punya blog lebih dari satu, fitur ini pasti sangat berguna untuk menampilkan link blog kita yang satu dengan yang lainnya. Dan yang terakhir adalah adanya layanan Ads atau iklan yang dapat membaerikan penghasilan untuk anda. Layanan ini bersifat opsional atau pilihan, tak perlu diaktifkan jika tak mau. Tapi, saya juga tidak merekomendasikannya karena fitur iklan ini sepertinya masih belum sempurna atau memang pihak NRelate sendiri masih jarang mendapatkan advertiser yang memasang iklan. Selama pengamatan saya, iklan yang muncul hanya berkutat seputar NRelate saja dan bukan iklan dari pihak ketiga. jadinya saya kurang yakin juga dengan iklannya, apakah ada atau tidak. Lagi pula perlu waktu mungkin untuk mencari informasi lagi apakah iklannya ini scam atau bukan.Tapi terlepas dari itu, fitur lainnya seperti saya paparkan di atas memang sangat memuaskan dan patut untuk dicoba. Jadi tak salah jika saya sekarang beralih ke NRelate untuk manampilkan related link di blog saya ini.

Sementara ini blog yang didukung adalah Blog dengan platform Blogger, Wordpress (plugin), Thumblr dan Hubspot. Dalam artian instalasi-nya bisa langsung melalui OpenID atau direct install langsung ke Server blog kita tanpa harus copy-paste kode-nya. Tapi jangan khawatir untuk platform blog lainnya atau website non blog, masih ada pilihan installasi melalui kode javascript sebagai alternatif dan memiliki kemampuan yang kurang lebih sama. Jadi, jika anda ingin mencoba silahkan langsung saja kunjungi websitenya di http://www.nrelate.com dan daftarkan blog anda disana dan langsung install kodenya sesuai platform blog anda. Baiklah kalu begitu Selamat Mencoba NRelate Alternatif pengganti Linkwithin ya...

Salam Blogger Indonesia..!!
b 5 Komentar
fb Komentar

5 komentar:

  1. Nice post, Guys;
    Kalau ane lebih seneng ame yang manual untuk related link. Emang ribet sih, namun kita dapat memilih yang kita suka. Kalau pakai link within, thumbnilnya membuat home page blog jadi penuh... xixixi.
    Salam sahabat, thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia gan, saya lupa bahas diposting-nya.
      Bedanya NRelate.com sama linkwithin. NRelate bisa milih antara mau dipasang di semua halaman, postig + halaman atau di posting aja.
      jadi aman gan...

      Hapus
  2. Info menarik sop,Linkwithin ane mau ganti ah.Makasih infonya,happy bloggging.

    BalasHapus
  3. I would like to thank you for the efforts you have put in writing this web site.I definitely enjoy reading all that is posted on your blog.This one is very nicely written and it contains many useful facts.Really fantastic precise info and this is one of the most nice blogs Ive read in a very long time.I read a lot of blogs on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say I’m glad I found your blog.Keep up a good work.

    http://www.iquestintl.com

    BalasHapus

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.