Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Sabtu, 23 Juni 2012

Cara memantau banyak email dengan addon firefox

Banyaknya akun email yang kita kelola memang terkadang memnbuat kita harus berkali-kali login untuk mengecek pesan baru untuk setiap akun emailnya. apalagi menyangkut email untuk urusan bisnis atau pekerjaan kita. Pastinya lama-lama kita akan jenuh dan bosan melakukannya. terutama jika semua akun email yang kita kelola itu dengan host yang berbeda ataupun layanan yang berbeda. bayangkan, kita harus login ke cpanel-nya setiap kali kita ingin mengecek email baru. jika akun email kita ada 100 atau bahkan lebih, berarti kita harus login sebanyak 100 kali. hanya untuk mengecek email baru yang itupun belum tentu ada.

Tapi anda tidak perlu khawatir, ada banyak klien email yang bisa kita andalkan untuk mengecek setiap akun email kita. Banyak sekali software di smartphone dan PC yang bisa kita pakai. Tapi ada yang perlu diperhatikan dari pemakaian email klien berbasis software tersebut. Seperti pada berbagai smartphone yang bisa mengecek banyak akun sekaligus dengan interval tertentu, efek sampingnya adalah meledaknya bandwidth/quota internet pada smartphone kita, yang tentunya jika bicara tarif internet pada smartphone yang tidak murah maka akan berimbas pada besarnya biaya yang harus kita keluarkan. Lalu untuk sofware email klien berbasis PC, perlu diperhatikan bahwa hampir semua software jenis email klien ini bisa menjadi lubang masuknya malware/virus yang dikirimkan lewat email. apalagi kita mengeset sofware tersebut agar mengecek email baru dengan interval tertentu, tanpa kita sadari semua email yang belum tentu bersih dari malware virus langsung terunduh ke PC kita. Sudah banyak buktinya dan anda bisa search di internet tentang kasus ini.

Untuk itu saya kembali membahas tentang addon pada firefox yang bisa dipakai sebagai pengganti email klien PC anda yang pastinya lebih aman karena addon ini hanya mengecek jumlah pesan masuk untuk setiap akun email kita dengan menampilkan ikon pada toolbarnya. Seperti yang pernah saya bahas pada posting saya terdahulu tentang 5 Addon Firefox buat webmaster dan Blogger. Addon in adalah yang ke-6 nya. Nama Addon ini adalah Webmail Notifier. anda mencarinya di menu pengaya firefox anda. ketikkan saja "Webmail Notifier" (tanpa tanda petik). Masukkan semua alamat email anda beserta kata sandi akun tersebut di pengaturan pada Webmail Notifier. Seperti gambar di bawah ini:
Webmail notifier screenshot 1
Pastikan data yang anda masukkan sudah benar, jika ingin menyertakan email spam, centang pada checkbox "Include Spam". set interval pengecekan yang anda inginkan defaultnya 10 menit. klik "Tambah" jika sudah selesai. Lakukan hal yang sama untuk akun email lannya. Sekarang anda bisa melihat pada ikon "Webmail notifier" jika ada pesan masuk maka akan ada jumlah angka pesan email pada ikon tersebut. Klik kanan pada ikon tersebut dan pilih akun email yang ingin anda buka, atau klik kiri untuk membuka semua akun email yang berisi email baru. Setiap akun yang berisi email baru akan dibuka pada tab yang berbeda.
Webmail notifier screenshot 2
Mudah bukan? sekarang meskipun anda memiliki akun email sebanyak 100, anda tidak perlu repot lagi. anda hanya perlu memandang ikon "Webmail Notifier" saja, jika terdapat angka pada ikon tersebut berarti ada email masuk baru. Sebelum saya akhiri, saya ingin ingatkan untuk melakukan cara ini hnya pada komputer pribadi anda atau komputer kerja anda. Jangfan pernah lakukan cara ini jika anda menggunakan warnet atau tempat umum lainnya. Mungkin sekian pembahasan dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat mencoba..

Salam blogger Indonesia..!!

b 9 Komentar
fb Komentar

9 komentar:

  1. sukses gan
    komen balik ya, kalo mau tukar link jg boleh
    http://nfxgaul.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. OK siap gan,,,
    terima kasih udah mampir...

    BalasHapus
  3. wah infonya bagus gan, gk cape lagi ni buka buka email satu per satu, thanks

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah kalo info ini bisa brguna buat agan...

    BalasHapus
  5. email ane banyak, tapi banyak pula yang gak keurus, sob,.

    ditunggu kunjungan baliknya, makasih

    BalasHapus
  6. mantabs tipsnya kawan..layak untuk dicoba :)

    BalasHapus

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.