Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Kamis, 29 Desember 2011

Mudahnya merubah blogspot menjadi domain sendiri

Mudahnya merubah blogspot menjadi domain sendiri
Domain kustom - buat blogspot dengan nama domain sendiri.Mungkin ini harapan sebagian para blogger, yaitu memiliki domain sendiri sesuai dengan keinginan kita.Walaupun masih cukup OK menggunakan domain blogspot tapi ga ada salahnya jika memakai domain berbayar.Dengan domain sendiri yang tentunya ga gratis anda bisa menentukan nama domain yang anda inginkan baik yang berakhiran .com, .net, .info, .biz, .web.id dll selama nama domain tidak aktif atau belum digunakan orang lain.

Untuk custom domain sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan domainnya dan beberapa setting dns, trus tunggu sekitar 12 jam untuk resolve server domain dan respon blogger.

Hanya butuh kira2 1-2 hari untuk mengganti domain blogspot. Pertama kali untuk mendapatkan domain sendiri anda harus mendaftar untuk membeli domain di penyedia domain hosting seperti idwebhost, rumahweb, eazysmart dll. Pilih yg sdh terpercaya dan bagus layanannya.

Ingatlah bahwa yang anda butuhkan hanya domain saja tanpa hosting, karena untuk hosting blog masih menggunakan jasa blogspot/blogger.Kalau ditambah hosting biasanya anda harus membayar lebih untuk menyewa tempat penyimpanan file, Kecuali anda ingin membangun blog wordpress domain dan hosting sendiri. Harga domain seperti .com, .net sekitar Rp. 90-100 ribu per tahun sudah termasuk fasilitas dns service.

Oke anggaplah anda sudah mempunyai domain sendiri, berikut ini langkah2 nya:
1. Login ke Control panel domain (untuk lebih jelasnya lihat email yang dikirim oleh penyedia domain setelah domain diaktifkan).

2. Masukkan nama domain pada "Manage FREE DNS Service", lalu klik "Manage Records"

domain control panel

3. Klik menu "CNAME Records".

4. Pada List of CNAME Records klik "Add CNAME Records"

5. Pada kotak Name, masukkan "www" (tanpa tanda petik) dan value masukkan "ghs.google.com"(tanpa tanda petik) pada radio button yang bawah.
Pada TTL biarkan saja sesuai nilai defaultnya. lalu klik "Add Record".

CNAME Records
6. Selesai setting dns, lalu setting domain di blogspot.
7. Login ke dasbor blogger.
8. Pilih pengaturan, klik menu "Publikasikan" lalu pilih "Domain kustom".
9. Klik beralihlah ke pengaturan lanjut/advance.
10. Masukkan nama domain anda yang sudah disetting dnsnya lengkap, contoh : www.bamz3r.tk.
11. Masukkan kata pada verifikasi kata, lalu klik "simpan setelan". Selesai.

Proses penggantian nama domain membutuhkan sekitar 12-48 jam, kalau semua setting sudah benar, maka blog anda sudah dapat diakses setelah menunggu sekitar 1 hari, jadi harap bersabar. Selain memakai setting dns bawaan domain sendiri, anda juga bisa menggunakan dnspark.net sebagai servernya, tentu dengan mendaftar dahulu, dan semua pendaftaran di dnspark.net gratis. Saya sendiri sebelumnya mencoba menggunakan layanan dnspark.net, tapi gak berhasil dengan keterangan "domain dormant" padahal saya sudah memasukkan semua alamat server dnspark.net kedalam setting dns domain saya.

Semoga bermanfaat dan terus ngeblog.

0 komentar:

Posting Komentar

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.