Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Senin, 23 April 2012

Tambah Subdomain dot tk pakai idhostinger

Tambah Subdomain dot tk pakai idhostinger
Pada posting sebelumnya saya membahas tentang Merubah blogspot jadi domain dot tk , nah sekarang saya ingin membahas tentang cara Menambah subdomain di blogspot dengan dot tk. Pertama tama mungkin saya akan menjelaskan tentang subdomain, Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs (sumber:wikipedia). Misal domain saya bamz3r.tk dan saya akan membuat subdomain dengan nama apps, sehingga hasilnya menjadi apps.bamz3r.tk. pertanyaannya settingnya dimana di blogspotnya atau di dot tk-nya? Ya, jawabannya di dot tk-nya. Memang bisa ya? tentu saja selama subdomainnya itu bukan yang kita gunakan untuk blospot seperti blogspot saya www.bamz3r.tk dari bamz3r.tk. perhatikan arti dari www itu sendiri merupakan subdomain dari bamz3r.tk. Jadi kita harus pilih selain dari www. Misal apps.bamz3r.tk , wap.bamz3r.tk, my.bamz3r.tk, admin.bamz3r.tk itu Ok.

Sekarang lupakan sejenak blogspotnya, yang perlu kita lakukan adalah mencari hosting untuk subdomain kita. Anda bebas memilih mau hosting yang berbayar atau yang gratis tak masalah, yang penting bisa rekam-merekam DNS aja. Sebagai contoh saya memilih hosting gratis indonesia yaitu idhostinger.com . Situs ini memberikan layanan gratis kepada penggunanya jadi cocok buat saya yang pemula ini untuk mencoba-coba. 

Jika belum punya akun idhostinger.com, silahkan mendaftar terlebih dahulu, jika sudah punya akun lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Login ke cpanel.idhostinger.com pilih kontrol panel
    Tambah Subdomain dot tk pakai idhostinger
  2. Tambahkan subdomain pilihan anda
    Tambah Subdomain dot tk pakai idhostinger
  3. Pilih domain yang anda tambahkan tadi -> Klik Beralih
  4. Pilih menu Detail.
    Tambah Subdomain dot tk pakai idhostinger
  5. Akan terlihat settingan DNS untuk subdomain anda, dengan 2 pilihan. Pertama dengan NS (Name Server) , Kedua dengan A Records. Copy-paste IP A Records yang tertera disana.
    Tambah Subdomain dot tk pakai idhostinger
Selanjutnya buka tab baru lalu masuk ke akun dot.tk anda, lalu pilih domain panel , pilih domain anda, lalu tambahkan DNS baru berbentuk A Records dengan host: subdomainnya (misal: apps) pada kolom IP isi dengan IP yang telah anda copy-paste dari idhostinger tadi, klik Save.
Dan selesai...
Tunggu maksimal 2x24 jam agar subdomain anda aktif.

Sekian pembahasan dari saya semoga bermanfaat bagi temen2 semua.
Banner dot.tk
Salam Blogger Indonesia..!! 
b 2 Komentar
fb Komentar

2 komentar:

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.