Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Jumat, 18 Mei 2012

Optimisasi Script jejaring sosial di blog

Jejaring sosial
Mungkin sudah tidak asing lagi jika jejaring sosial menjadi andalan bagi para blogger untuk mempromosikan blog-nya masing-masing. Baik untuk mempermudah share pada akun pribadi  maupun berharap pengunjung yang melakukannya. Mulai dari jejaring sosial facebook, twitter, google+, situs bookmark seperti digg, reddit, pinterest sampai sesama platform blog seperti blogger, wordpress,typepad dan lainnya. Tak bisa dipungkiri semua itu memang bisa menambah traffic ke blog kita. Minimal 1-2 orang itu pasti ada yang tertarik saat melihat link  kita terpampang di dinding kabar berita suatu jejaring sosial dan kemudian berkunjunglah mereka ke blog kita. Dengan demikian memasang tombol share sudah menjadi idola para blogger pada umumnya. Hanya beberapa blogger saja yang tidak tertarik memasang script tombol share ini. Mungkin karena mereka tidak tahu manfaatnya atau memang merasa tidak perlu untuk share sana sini.
Twitter Google+ facebook

Sesuatu yang kadang tidak kita sadari saat ingin memasang berbagai script atau pendukung untuk menampilkan tombol share, like, atau +1 pada blog kita adalah bertambahnya beban blog kita pada saat loading atau dibuka. Apalagi menampilkan tombol share di sembarang tempat, seperti di homepage dan archive. Beban loading blog semakin bertambah karena di kedua halaman tersebut akan muncul lebih dari satu posting dan itu berarti tombol share -nya pun akan muncul sejumlah posting yang ditampilkan. Lain hal jika kita memasang script share tersebut hanya di halaman posting tunggal, jadi di halaman homepage dan arsip tombol share itu tidak perlu muncul. Tapi permasalahannya muncul jika kita menggunakan script yang otomatis, yang biasanya agak sulit untuk diposisikan sedemikian rupa agar muncul hanya di halaman posting tunggal. Khususnya untuk platform blogger yang pada dasarnya berbasiskan non-server side, dalam artian semua script harus berbentuk kode javascript atau html biasa. Memasang dinamik script memang agak sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Banyak diantara temen - temen blogger lainnya yang sudah memberikan tutorial tentang pemasangan script share dengan berbagai tehnik. Dari semua yang pernah saya baca tentang pemasangan script share, ada beberapa kesimpulan yang saya dapat.


Berikut kesimpulan saya tentang pemasangan script share pada blog:
  1. Gunakan script yang paling simple
    Maksudnya bisa lebih dinamis dan mencakup lebih banyak jaringan sosial tapi dengan kode yang tidak begitu rumit. Beberapa penyedia script share sudah memiliki fitur xml sendiri yang memungkinkan script bisa lebih simple. Tapi jangan lupa menambahkan kode pengenal xml di bagian header blog kita. Seperti facebook dengan kode pengenal-nya xml:fb="http://ogp.me/ns/fb#" untuk kode dengan format <fb:...></fb>, jika tidak dipasang pengenal tersebut maka script-nya tidak akan berfungsi atau hanya berfungsi pada browser tertentu saja. Untuk informasi tentang kode pengenal xml silahkan kunjungi halaman developer dari setiap situs jejaring sosial atau situs penyedia script share.
  2. Gunakan script yang berbasis "asynchronous"
    Maksudnya script dengan tehnik penulisan yang memungkinkan script tersebut berjalan setelah loding halaman selesai. Jadi tidak akan menggangu kecepatan loading blog kita. Seperti Google facebook atau twitter yang menyediakan pilihan script versi "asynchronous". Tidak hanya untuk script share, tapi script apapun seperti analytics pilihlah versi "asynchronous" untuk performa yang lebih baik.
  3. Tempatkan di tempat yang sesuai
    Ini tergantung dari kondisi dan posisi dari tata letak blog kita. Posisikan di bagian bawah jika ingin performanya stabil, dan posisikan di bagian atas jika ingin mudah dilihat oleh pengunjung. Tapi biasanya seseorang mau share sebuah artikel atau posting kita, setelah mereka selesai membaca posting tersebut, jadi lebih baik diposisikan di bawah atau di akhir posting dan halaman.
  4. Utamakan jejaring sosial yang paling banyak digandrungi orang
    Sebaiknya pasang terlebih dahulu script share untuk jejaring sosial yang paling banyak diminati orang, seperti facebook, twitter, dan google+ bisa dibagian pertama setelah itu baru yang lain menyusul atau bila merasa tidak perlu jangan dipasang. Ini bisa lebih mengurangi jumlah script yang harus dipasang jadi performa-nya akan lebih baik.
Berbagai ikon jejaring sosial

Bagi saya share artikel itu sangatlah penting. Oleh karena itu optimisasi pemasangan script share-nya pun  sangat saya perhatikan. Dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan antara kemudahan publikasi dan performa blog itu sendiri. Mungkin sekian dulu pembahasan tentang Optimisasi Script jejaring sosial di blog dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Blogger Indonesia..!!

b 5 Komentar
fb Komentar

5 komentar:

  1. Oke lah kalo begitu..

    BalasHapus
  2. gan ane punya sdkit masalah ni di blog ane, knpa ya tampilan like facebook ane yang like nya banyak tapi foto yg muncul cma dua orang, apa tu kesalahan script nya gan... mohon bantuannye nye gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya kalau facebook itu sistemnya nampilin foto yang berteman aja sama akun yang online. Contohnya fb agan yang online berarti yang muncul foto temen agan aja di situ. Jadi kalau pengen muncul semua, agan harus berteman dulu sama semua yang like ke blog agan itu. Atau coba logout FB nya terus liat lagi blognya, biasanya foto yang muncul pasti banyak.

      Hapus
  3. ohh gitu ya gan,, seep dah gan thanks infonya

    BalasHapus

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.