Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Senin, 28 Mei 2012

Cara mengecek link dofollow dan nofollow dengan mudah

Dofollow dan Nofollow logo
Saya yakin para blogger sudah sering mendengar istilah link doFollow dan nofollow, istilah tersebut sering diperbincangkan di berbagai blog. Terutama menyangkut arti, fungsi dan efeknya terhadap SEO. Kalau menurut saya istilah link nofollow ini merupakan istilah untuk link yang diberi tag (rel="nofollow") pada kode anchor-nya. Yang berarti link tersebut akan diabaikan oleh mesin pencari saat robot-nya merayapi situs tersebut. Contoh real-nya adalah link pada komentar yang pada umumnya diberi tag (rel="nofollow"). Lalu bagaimana dengan link dofollow? Kalau menurut saya link dofollow itu adalah link yang tidak diberi tag (rel="nofollow") ataupun tidak diberi tag (rel) apapun. jadi saat mesin pencari merayapi situs tersebut, maka link tersebut akan diikuti dan dirayapi juga.

lalu bagaimana cara mengetahui jika sebuah link itu dofollow atau nofollow? karena secara kasap mata memang tidak terlihat langsung. Memang cara yang biasa digunakan adalah dengan melihat source kode dari sebuah halaman situs tersebut. Tentu saja itu sangat memerlukan waktu yang lama untuk memeriksa satu persatu. Bayangkan jika ada ratusan link yang ingin kita perika, pasti sagat membosankan bukan?. Itulah mengapa saya membuat posting ini, seperti yang pernaha saya bahas pada 5 addon firefox buat webmaster dan blogger.ada sebuah addon firefox yang bernama Search status yang salah satu fungsinya adalah untuk mengecek link nofollow yang terdapat pada sebuah halaman web yang sedang kita buka. Jadi kita tak perlu repot lagi melihat source kode-nya satu persatu. Karena semua link nofollow akan terlihat jelas dengan ditandai warna "merah muda" oleh addon firefox ini. Dan untuk link yang dofollow, akan terlihat seperti biasa tanpa ada tanda apapun. Ini berlaku untuk link teks maupun link gambar.
Screenshot nofollow dan dofollow

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menginstall addon ini pada browser firefox anda, kemudian anda perlu mengaktifkan fitur yang bernama "highlight nofollow links" pada addon ini. Caranya klik kanan pada ikon Addon ini yang berada di bilah pengaya (biasanya ada di bagian bawah) kemudian centang pada "highlight nofollow links" seperti ini:
Setting Search status

Sekarang setiap kali anda membuka sebuah halaman web manapun, maka link nofollow akan terlihat dengan jelas. Jadi anda bisa mengecek semua link anda di situs lain seperti di halaman tukar link atau sidebar blog teman anda. apakah link anda diberi nofollow atau dofollow. atau saat anda menjumpai situs yang menyebutkan kalau mereka memberikan dofollow pada komentarnya, anda juga bisa membuktikan kebenarannya dengan Addon ini. Selamat mencoba ya...

Salam Blogger Indonesia..!!
b 7 Komentar
fb Komentar

7 komentar:

  1. wahhh manteb nih sobat :)

    BalasHapus
  2. Wah.. mantab nih. ijin nyimak gan.. :D

    BalasHapus
  3. Mantap...
    Salam kenal juga...
    terima kasih udah berkunjung

    BalasHapus
  4. Anonim15.15

    kalo untuk mengetahui bahwa blog tersebut dofollow atau nofollow gimana bos..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ikuti cara diatas aja gan...
      sebelumnya harus pakai firefox y..

      Hapus

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.