Selamat Datang... Terima kasih telah berkunjung...!!!

Rabu, 30 Mei 2012

Tips Mengelola Banyak Blog Sekaligus

Tips Mengelola Banyak Blog Sekaligus
Sebelumnya saya ingin tanyakan kepada anda, apakah anda punya blog lebih dari satu? Jika jawabannya "YA" maka anda berada di tempat yang tepat, mungkin tips ini  bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mengelola blog-blog anda sekaligus dalam waktu yang bersamaan dan atau dengan platform blog yang berbeda-beda. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu 5 addon firefox buat webmaster dan blogger yang sudah menyinggung tentang Addon firefox yang bernama Scribefire Next. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Addon firefox ini merupakan Addon yang sangat revolusioner menurut saya. Karena fiturnya yang memungkinkan kita mengelola beberapa blog dalam satu wadah. Tidak terbatas hanya pada suatu platform, tetapi juga dapat mengelola berbagai platform sekaligus. Dengan syarat platform blog tersebut memiliki fitur atom post atau istilahnya memiliki protokol pengeposan lewat atom. Sebagian besar platform blog sudah mendukung pengeposan atom ini, termasuk blogger dan wordpress. Kedua platform inilah yang pernah penulis test. Untuk platform lainnya saya belum bisa pastikan karena belum saya coba langsung. Mungkin anda bisa mencobanya jika anda mempunyai blog platform lain.

Langkah - langkah penggunaannya sangat mudah, seperti biasa anda harus memasang terlebih dahulu Addon ini di firefox anda. Pada bilah menu pilh "Alat" => "Pengaya" lalu pada kotak pencarian ketikkan "Scribefire Next" setelah muncul hasilnya lalu pilih pasang/install. Tunggu beberapa detik penginstallan-nya, setelah terinstall restart ulang firefox anda. Setelah Scribefire Next sudah terinstall di firefox anda, kini saatnya anda beraksi.
Instalasi scribefire
Langkah selanjutnya cari ikon Scribefire Next pada bilah pengaya atau pada toolbar firefox anda, dan klik pada ikon tersebut. maka akan muncul window/tab baru yang berisi Scribefire Next ini.
Ikon scribefire next
Scribefire
Perhatikan gambar di atas. Untuk pemakaian pertama kali anda harus menambahkan akun blog anda yang ingin dikelola menggunakan Scribefire ini dengan mengklik  "Tambah Blog Baru".pada bagian atas. lalu isikan URL blog anda pada kotak isian yang tersedia lalu klik "lanjut". seperti gambar di bawah ini.
Tambah Blog baru
Jika anda mengisikan alamat blog yang valid maka selanjutnya isikan login akun anda pada bagian berikutnya dan Klik "Selesai".
Tambah blog baru

Jika anda memasukkan login akun yang benar maka Anda siap mengelola blog anda menggunakan Scribefire Next. Lakukan hal yang sama untuk blog anda yang lain. Setelah anda selesai memasukkan semua blog anda. Sekarang anda bisa memilih blog mana yang ingin dikelola. Pilih pada menu dropdown di bagian kanan atas scribefire, tunggu beberapa saat maka list dari posting terdahulu anda akan muncul pada dropdown di bawahnya. klik "Start New Post" untuk membuat posting baru. anda bisa pula menambahkan kategori/label maupun tanggal tayang dan lain sebagainya sesuai kompabilitas platform blog anda. untuk platform blogger biasanya hanya tersedia pilihan label dan tanggal tayang. Pilih "publikasikan" jika anda ingin segera mempublikasikan postingan anda. Selain itu ada pilihan untuk mengeposkan posting tersebut ke blog anda yang lainnya. Jadi jika anda ingin post itu ditayangkan juga di blog anda yang lain bisa langsung dikirim bersamaan. Dan satu lagi, jika anda tidak ingin mempublikasikan posting anda. Anda bisa menyimpannya sebagai template, yang nantinya akan tersimpan pada Memori komputer anda dan bisa diakses lagi kapanpun anda ingin mempublikasikannya. Selamat mencoba..

Salam Blogger Indonesia..!!
b 12 Komentar
fb Komentar

12 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat penting neh bagi yang memiliki bayak blog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan.
      semoga bermanfaat infonya.

      Hapus
  2. wahhh, manteb nih sobat :)
    thank sharenya

    BalasHapus
  3. Great info you have provided. Thanks.....

    BalasHapus
  4. Useful info you have here on your website. great work!

    BalasHapus
  5. thanks infonya gan

    BalasHapus
  6. Nice informative post,thanks for sharing.

    BalasHapus
  7. wah keren nih tipsnya om

    BalasHapus
  8. thanks tuk infonya..

    BalasHapus

Bebas berkomentar selama tidak merugikan orang lain.
Terima kasih.